Nama Ruangan
:
No
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Tanggal
|
Tanggal
|
Keterangan
|
||||||
Tim I
|
Tim II
|
Tim I
|
Tim II
|
|||||||
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
|||
1
|
Semua anggota tim hadir dalam diskusi/ konferensi akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketua tim mengevaluasi hasil asuhan keperawatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketua tim
memberikan reinforcement positif kepada perawat pelaksana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketua tim memberikan
masukan/arahan untuk tindak lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
Score
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: - Dilakukan = 1
-
Tidak
Dilakukan = 0
-
Nilai = Total Score x 100%
4 Waingapu,...................................
( ______________________ )
Supervisor
Instrumen
Evaluasi Supervisi
Konferensi
Awal (Pre Conference)
Di
RSU/RS............................
Nama
Ruangan
No
|
Aspek Yang
Dinilai
|
Tanggal
|
Tanggal
|
Keterangan
|
||||||
Tim I
|
Tim II
|
Tim I
|
Tim II
|
|||||||
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
Ya
|
Tdk
|
|||
1
|
Semua anggata tim hadir
dalam diskusi/konferensi akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketua tim melakukan
pembagian tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketua tim menentukan diagnosa yang akan dikerjakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketua tim merencanakan tindakan untuk mengatasi
diagnosa keperawatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Menulis waktu dan perawat yang akan melakukan
tindakan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Tindakan yang akan disupervisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
:
|
7
|
Semua tim menyepakati
waktu konferensi akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Menyepakati waktu istirahat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total
Score
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: - Dilakukan =
1
-
Tidak Dilakukan = 0
-
Nilai = Total
Score x 100%
8 Waingapu,...................................
( ______________________ )
Supervisor
Instrumen Evaluasi
Supervisi Operan Dinas
Pelaksanaan
Asuhan Keperawatan
Di RSU/RS......................................
Ruangan :
Tanggal :
No Aspek Yang
Dinilal Dilakukan D1~I~Ifl
—
|
Aspek yang Dinilai
|
Dilakukan
|
Tidak Dilakukan
|
Keterangan
|
1
|
Kedua kelompok dinas sudah siap
|
|
|
|
2
|
Ketua kelompok yang akan menyerahkan/ mengoperkan mempersiapkan hal-hal yang
disampaikan
|
|
|
|
3
|
Ketua tim/penanggung jawab dinas
menyampaikan: a.Kondisi/keadaan umum pasien. b.Tindak lanjut untuk dinas yang menerima operan (tindak lanjut keperawatan, menyebutkan pemeriksaan penunjang beserta hasilnya, tindakan kolaborasi lanjutan) |
|
|
|
4
|
Operasi/serah terima tugas
disampaikan dengan jelas, singkat, akurat dan tidak buru-buru
|
|
|
|
5
|
Katim bersama semua anggota tim bersama-sama langsung melihat keadaan klien
|
|
|
|
6
|
Tim yang mengoperkan
dinas memberi kesempatan kepada tim yang akan menjalankan tugas untuk
bertanya/berdiskusi
-
|
|
|
|
7
|
Tim yang mengoperkan dinas menyerahkan semua berkas
catatan perawatan kepada tim yang akan menjalankan tugas
|
|
|
|
Total Score
|
|
|
|
Keterangan: - Dilakukan = 1
-
Tidak
Dilakukan = 0
-
Nilai = Total Score x 100%
7
Waingapu,...................................
( ______________________ )
Supervisor
Format Supervisi
Pendidikan Kesehatan
no
|
Aspek Yang Dinilai
|
Ada
|
Tidak
|
Keterangan
|
1
|
Sasaran: klien/keluaga
|
|
|
|
2
|
Ada SAP (Satuan Acara
Pembelajaran)
|
|
|
|
3
|
Ada media/alat bantu (mis:
leaflet, lembar balik)
|
|
|
|
4
|
Waktu yang dialokasikan sesuai
|
|
|
|
5
|
Langkah-langkah kegiatan sesuai
dengan standart pelaksanaan komunikasi terapeutik (mulai dari fase orientasi,
kerja, terminasi)
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan pendidikan
kesehatan ditempat yang tepat (mendukung interaksi)
|
|
|
|
Total Score
|
|
|
|
Keterangan:
Tanda * =
coret yang tidak perlu
Ya =
1
Tidak = 0
Nilai = Total Score x 100%
6
Waingapu,...................................
( ______________________ )
Supervisor
Rencana kegiatan harian
perawat assosiet/perawat pelaksana
Nama perawat : Ruangan
: Tanggal :
Nama Pasien :
1. 4.
2. 5.
3. 6.
WAKTU
|
KEGIATAN
|
KET
|
|
|
|
Rencana kegiatan harian
perawat Primer / ketua tim
Nama perawat : Ruangan
: Tanggal :
Nama Pasien :
1. 4.
2. 5.
3. 6.
WAKTU
|
KEGIATAN
|
KET
|
|
|
|
R Rencana Harian Kepala Ruangan
Nama
perawat : Ruangan : Tanggal
:
Jumlah Perawat : Jumlah
Pasien :
WAKTU
|
KEGIATAN
|
KET
|
|
|
|
Rekapitulasi Rencana Harian
Perawat
Ruang :
............................................. Bulan :
.............................................
No
|
Perawat
|
Jumlah
|
Yang Membuat Rencana Harian
|
%
|
Yang Tidak Membuat Rencana Harian
|
%
|
1
|
Kepala Ruangan
|
|
|
|
|
|
2
|
Ketua Tim
|
|
|
|
|
|
3
|
Perawat Pelaksana
|
|
|
|
|
|
Rencana Tindak Lanjut :
|
Jadwal Dinas Ruangan............
Bulan :
No
|
Nama
|
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
dst
|
30
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
TIM I
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
|
TIM II
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pagi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sore
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Malam
|
|
|
|
|
|
|
|
Waingapu,............................
Kepala Ruangan
( )
Daftar Pasien Ruangan..........
No
|
Nama Pasien
|
Dokter
|
Perawat Primer /
Ketua tim
|
PA/PP
|
Tanggal :
|
||
Pagi
|
Sore
|
Malam
|
|||||
1
2
3
4
5
6
7
|
TIM I
|
|
|
|
|
|
|
8
9
10
11
12
13
14
|
TIM II
|
|
|
|
|
|
|
Rencana
Supervisi Perawat di Ruangan.................. Bulan ..................
No
|
Nama Perawat
|
Tanggal
|
Kasus / masalah keperawatan
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Rencana tindak lanjut :
|
Survey Masalah Keperawatan di
Ruangan ………… Bulan …….....
No
|
Nama Pasien
|
Keluhan utama / masalah keperawatan
|
SAK
|
|
Ada
|
Tidak
Ada
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
Jumlah pasien baru pada bulan …………………… =
orang
Masalah keperawatan
yang muncul :
1. ……….
2. ……….
3. ……….
4. ……….
Masalah yang sudah ada SAK = ...............
Masalah yang tidak ada SAK = ...............
Rencana tindak lanjut :
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
|
FORMAT SUPERVISI
STANDAR PELAKSANAAN
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Nama
|
Ket
|
||||
|
|
|
|
|
|||
1
|
Proses Keperawatan
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Kondisi klien (keluhan utama, tanda dan gejala)
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Diagnosa Keperawatan
|
|
|
|
|
|
|
|
c. TUK
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Tindakan keperawatan
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Strategi Komunikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Orientasi
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Salam terapeutik
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Evaluasi/validasi
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Kontrak (topik, waktu, tempat)
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Kerja (langkah-langkah tindakan keperawatan)
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
Terminasi
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Evaluasi Subyektif
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Evaluasi Obyektif
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
Rencana tindak lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Kontrak yang akan
datang (Topik, waktu, tempat)
|
|
|
|
|
|
|
Sumber: Panjaitan, R.U
Keterangan:
a. Observer : Karu/Katim
b. Observee : PP/PA
c. Beri tanda Ö jika dikerjakan
d. Beri tanda 0 jika tidak dikerjakan
e. Kotak nama diisi nama perawat PP/PA
INSTRUMEN
EVALUASI PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA RUANGAN
Nama : Jabatan:
Ruang : Hari/Tanggal:
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Dilakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
A
|
Perencanaan Supervisi
|
|
|
1
|
Kepala ruangan membuat rencana supervisi yang terbagi atas beberapa
periode: harian, mingguan, bulanan, dan tahunan
|
|
|
2
|
Kepala ruangan menjelaskan kepada perawat pelaksana rencana supervisi
yang telah dibuat untuk disepakati bersama
|
|
|
B
|
Pelaksanaan Supervisi
|
|
|
3
|
Kepala ruangan menjalankan perencanaan yang telah dibuat
|
|
|
4
|
Kepala ruangan melaksanakan pre-conference dengan perawat
pelaksana
|
|
|
5
|
Kepala ruangan menggunakan instrumen supervisi sebagai pedoman
melaksanakan supervisi
|
|
|
6
|
Kepala ruangan memberikan pengarahan tentang supervisi yang dilaksanakan
|
|
|
7
|
Kepala ruangan bersama perawat pelaksana menetapkan masalah yang akan
disupervisi
|
|
|
8
|
Kepala ruangan bersama perawat pelaksana menetapkan faktor penyebab
masalah yang dihadapi
|
|
|
9
|
Kepala ruangan bersama perawat pelaksana menetapkan rencana tindakan
untuk memecahkan masalah yang dihadapi
|
|
|
10
|
Kepala ruangan memberikan penugasan kepada perawat pelaksana untuk
melaksanakan asuhan keperawatan berdasarkan standar yang ada
|
|
|
11
|
Kepala ruangan memberikan reinforcement kepada perawat pelaksana
sehubungan dengan tingkat keberhasilan yang telah dicapai
|
|
|
C
|
Evaluasi
|
|
|
12
|
Kepala ruangan melaksanakan post conference bersama perawat
pelaksana
|
|
|
13
|
Kepala ruangan menjelaskan masalah yang ditemukan pada saat supervisi
kepada perawat pelaksana
|
|
|
14
|
Kepala ruangan menjelaskan rencana tindak lanjut terhadap masalah
|
|
|
15
|
Kepala ruangan menjelaskan pelaksanaan supervisi selanjutnya terhadap
perawat pelaksana
|
|
|
D
|
Pendokumentasian hasil supervisi
|
|
|
16
|
Kepala ruangan membuat penilaian hasil supervsi terhadap perawat
pelaksana dengan menggunakan format yang tersedia
|
|
|
17
|
Kepala ruangan membuat analisa hasil dari pelaksanaan supervisi
|
|
|
18
|
Hasil supervisi diinformasikan kepada perawat pelaksana dan ditanda
tangani oleh perawat pelaksana dan kepala ruangan
|
|
|
Sumber: Saljan,M (2005)
Keterangan: Dilakukan = nilai 1
Tidak dilakukan = nilai 0
Nilai: Jumlah total nilai/18 x 100
Waingapu,..............................
Yang disupervisi Yang mensupervisi
Nama Jelas Nama Jelas
INSTRUMEN SUPERVISI ASKEP SECARA LANGSUNG
PADA PERAWAT PELAKSANA
Nama : Ruangan:
Nama Supervisor : Hari/Tanggal:
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Dilakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
A
|
Pengkajian Keperawatan
|
|
|
1
|
Membuat kontrak dengan pasien (kenal nama,
waktu, kegiatan bersama pasien)
|
|
|
2
|
Melakukan pengkajian
|
|
|
3
|
Merumuskan masalah
|
|
|
4
|
Mendokumentasikan hasil pengkajian data
keperawatan
|
|
|
B
|
Perencanaan Tindakan
|
|
|
5
|
Melakukan pendidikan kesehatan
|
|
|
6
|
Menciptakan lingkungan terapeutik
|
|
|
7
|
Melakukan tindakan keperawatan mandiri sesuai
standar
|
|
|
8
|
Melakukan tindakan kolaboratif
|
|
|
9
|
Mendokumentasikan rencana tindakan keperawatan
|
|
|
C
|
Pelaksanaan
|
|
|
10
|
Hubungan terapeutik (sikap dan teknik
terapeutik)
|
|
|
11
|
Memperhatikan tindakan aseptic dan antiseptic
|
|
|
12
|
Memperhatikan prinsip tindakan universal
precaution
|
|
|
13
|
Peran serta pasien dalam rencana tindakan
|
|
|
14
|
Melakukan seluruh tindakan keperawatan yang
telah direncanakan sesuai prosedur
|
|
|
15
|
Selalu mengutamakan kepentingan dinas daripada
kepentingan pribadi, orang lain atau golongan
|
|
|
16
|
Tidak pernah melempar kesalahan yang dibuatnya
kepada orang lain
|
|
|
17
|
Selalu menyimpan dan memelihara dengan baik
barang rumah sakit yang menjadi tanggung jawabnya
|
|
|
18
|
Selalu melaksanakan tugas dengan ikhlas
|
|
|
19
|
Tidak pernah menyalahgunakan wewenang
|
|
|
20
|
Selalu menjadi teladan yang baik
|
|
|
21
|
Melakukan tindakan penerimaan pasien sesuai
prosedur
|
|
|
22
|
Mendokumentasikan tindakan keperawatan
|
|
|
D
|
Evaluasi
|
|
|
23
|
Menilai kemampuan atau respon klien yang
dicapainya
|
|
|
24
|
Memodifikasi rencana tindakan
|
|
|
25
|
Membuat kontrak yang akan datang
|
|
|
26
|
Mendokumentasikan evaluasi keperawatan
|
|
|
TOTAL
SKOR
|
|
|
Sumber: Lumbantoruan, L. (2005)
Keterangan: Ya = nilai 1, Tidak = Nilai 0
Nilai = Jumlah total skor/26 x 100%
Aspek positif:..................................................
Aspek negatif:.................................................
Kesimpulan: ....................................................
Tanggapan dari yang disupervisi:....................
Pengarahan langsung: .....................................
Saran dan tindak lanjut:...................................
Yang disupervisi Supervisor
Nama Jelas Nama
Jelas
Mengetahui,
Atasan langsung yang mensupervisi
Nama
Jelas
INSTRUMEN SUPERVISI ASKEP SECARA TIDAK
LANGSUNG
PADA PERAWAT PELAKSANA
Nama :
Ruangan:
Nama Supervisor : Hari/Tanggal:
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Dilakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
A
|
Pengkajian Keperawatan
|
|
|
1
|
Mencatat data yang dikaji dengan pedoman
pengkajian
|
|
|
2
|
Data dikaji sejak pasien masuk sampai sekarang
|
|
|
B
|
Diagnosa Keperawatan
|
|
|
3
|
Masalah dirumuskan berdasarkan kesenjangan
antara status kesehatan dengan norma dan pola fungsi kehidupan
|
|
|
4
|
Merumuskan masalah keperawatan aktual
|
|
|
C
|
Perencanaan Tindakan
|
|
|
5
|
Perencanaan berdasarkan masalah keperawatan
|
|
|
6
|
Disusun menurut urutan prioritas
|
|
|
7
|
Mempunyai rumusan tujuan
|
|
|
8
|
Rencana tindakan melibatkan pasien/keluarga
|
|
|
9
|
Rencana tindakan menggambarkan kerjasama dengan
tim kesehatan lain
|
|
|
D
|
Tindakan Keperawatan
|
|
|
10
|
Tindakan dilaksanakan sesuai rencana
|
|
|
11
|
Perawat mengobservasi respon pasien terhadap
tindakan keperawatan
|
|
|
12
|
Revisi tindakan berdasakan hasil evaluasi
|
|
|
13
|
Semua tindakan yang telah dilaksanakan dicatat
ringkas dan jelas
|
|
|
E
|
Evaluasi
|
|
|
14
|
Evaluasi hasil tindakan dilakukan pada shift
tersebut
|
|
|
15
|
Hasil evaluasi dicatat
|
|
|
F
|
Catatan Askep
|
|
|
16
|
Pencatatan dilakukan sesuai dengan tindakan yang
dilakukan pada format yang baku
|
|
|
17
|
Perawat mencantumkan paraf/nama jelas, tanggal
dan jam setiap tindakan keperawatan yang dilakukan
|
|
|
18
|
Berkas catatan keperawatan disimpan sesuai
dengan ketentuan yang berlaku
|
|
|
TOTAL
SKOR
|
|
|
Sumber:
Lumbantoruan, L. (2005)
Keterangan: Ya = nilai 1, Tidak = Nilai 0
Nilai = Jumlah total skor/18 x 100%
Yang disupervisi Supervisor
Nama Jelas Nama
Jelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar