Sabtu, 31 Desember 2011

Persefektif islam terhadap yesus


                                                                            BAB I
                  PENDAHULUAN

Pandangan Islam tentang Yesus berbeda dengan ajaran Kristen. Perbedaan utama terletak pada persoalan ketuhanan Yesus, yang dalam manuskrip Al-Qur'an dan bahasa Arab disebut Isa al-Masih. Pemeluk Islam mempercayai Isa Al Masih adalah seorang nabi dan juga seorang rasul yang diutus khusus untuk bangsa Israel. (makna rasul di dalam Islam berbeda dengan maknanya di dalam Kristen, lihat artikel tentang nabi). Dalam ajaran Islam, ia termasuk salah satu nabi yang termasuk rasul Ulul Azmi, yaitu rasul yang sabar dan tabah dalam mendakwahkan ajaran Allah. Nama Yesus sendiri (tanpa kata ganti orang) disebutkan sebanyak dua puluh delapan kali di dalam Al-Qur'an.
Beberapa catatan penting mengenai Yesus dalam Al-Qur'an dan Hadist:
  • Silsilah Isa tersambung dari Ibrahim melalui putranya Ishak, dimana Nabi Muhammad juga berasal dari keturunan saudaranya Ismail.
  • Yesus adalah salah satu nabi yang tergolong dalam ulul azmi, yakni nabi dan rasul yang memiliki kedudukan tinggi/istimewa bersama dengan Muhammad, Ibrahim, Musa dan Nuh.
  • Yesus hanya diutus khusus untuk kaum Bani Israil.
  • Yesus bukanlah Tuhan maupun anak Tuhan, melainkan salah seorang manusia biasa yang diangkat menjadi nabi dan rasul, sebagaimana juga setiap nabi lain yang diutus pada masing-masing kaum.
  • Kelahiran Yesus terjadi dengan ajaib, tanpa ayah biologis, atas kekuasaan Tuhan. Ibunya yang bernama Maryam, adalah dari golongan mereka yang suci dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan.
  • Yesus memiliki beberapa keajaiban atas kekuasaan Tuhan. Di samping kelahirannya, Ia mampu berbicara saat berumur hanya beberapa hari, Ia berbicara dan membela Ibunya dari tuduhan perzinaan. Dalam Qur'an juga diceritakan saat Ia menghidupkan orang yang sudah mati, menyembuhkan kebutaan dan lepra.
  • Yesus menerima wahyu dari Tuhan yakni Injil (merujuk pada perjanjian baru agama Kristen), namun versi yang dimiliki oleh umat Kristiani saat ini, menurut umat Islam telah diubah dari versi aslinya. Beberapa pendapat dalam Islam menyebutkan bahwa Injil Barnabas adalah versi Injil paling akurat yang ada saat ini.
  • Yesus tidak dibunuh  maupun disalib, Tuhan membuatnya terlihat seperti itu untuk mengelabui musuh-musuhnya. Terdapat beberapa pendapat yang mengatakan bahwa salah seorang musuhnya diserupakan dengan dia, sedangkan Isa sendiri diangkat langsung ke surga dan musuhnya yang diserupakan tadi adalah orang yang disalib. Sementara pendapat lain (antara lain Ahmad Deedat dengan bersumber dari Alkitab) mengatakan bahwa Isa benar-benar disalib namun tidak hingga mati kemudian diangkat ke surga. Terdapat pula pendapat lain yang mengatakan bahwa yang disalib oleh tentara Roma bukan Isa melainkan salah seorang pengikutnya yaitu Yudas Iskariot.
  • Yesus masih hidup dan berada di surga, suatu hari Ia akan datang kembali ke bumi untuk melawan Dajjal (atau Antikristus dalam agama kristen) dan merupakan salah satu tanda-tanda dekatnya akhir zaman.
  • Yesus bukan penebus dosa manusia, Islam menolak konsep dosa turunan dan menganut konsep bahwa setiap manusia bertanggung jawab dan hanya akan diadili atas perbuatannya sendiri.


BAB II
PEMBAHASAN

Yesus dari Nazaret adalah tokoh agama yang paling banyak dihormati di dunia. Tidak hanya dia pusat kekristenan, agama terbesar di dunia, ia juga dihormati di seluruh Islam, iman terbesar kedua di dunia.
Kristen mungkin akan terkejut untuk mengetahui bahwa umat Islam percaya pada Kelahiran Perawan dan mukjizat Yesus. Tapi ini kepentingan bersama dalam pesannya lebih jauh lagi.
Pada usia ilmiah kita, sisi ajaib dari cerita Yesus telah sangat dikaburkan perannya dalam tradisi kenabian. Dalam hal ini, mungkin ada lebih pertanyaan penting bagi Muslim dan Kristen dari apakah ia berjalan di atas air atau membangkitkan orang mati.
Dalam pandangan Islam, karya penting Yesus 'tidak untuk meniru roti sihir atau untuk menguji mudah percaya kami, tetapi untuk melengkapi legalisme dari Taurat dengan kasih sayang leavening jarang diungkapkan dalam wasiat yang lebih tua. tindakan-Nya dan kata-kata memperkenalkan sesuatu yang baru dengan tauhid: Mereka mengembangkan semangat murah hati dari sifat Allah. Yesus menegaskan Taurat, menekankan kelangsungan garis keturunan, tetapi ia juga mengembangkan pentingnya belas kasih dan pemurnian diri sebagai link penting antara mempelajari kata-kata pesan Allah dan memiliki kebijaksanaan untuk melaksanakannya.
Anehnya, beberapa karya terbaru oleh para sarjana Perjanjian Baru tampaknya telah mencapai pandangan Kristus tidak semua yang berbeda dari 'Muslim. Bagi kita dan bagi para sarjana, Yesus muncul bukan sebagai anak literal Allah dalam bentuk manusia, tetapi sebagai yang diilhami manusia, seorang guru kebijaksanaan dengan bakat untuk cinta yang diambil dari hubungan tak terputus dengan Allah. Kedua versi ini dia sebagai orang yang berbicara kepada orang-orang biasa dalam hal universal.
Dua peristiwa dalam kehidupan nabi Muhammad dapat membantu menjelaskan mengapa Muslim menghormati Yesus.
Acara pertama melibatkan seorang penduduk tua dari Mekah yang bernama Waraqah bin Naufal. Orang ini adalah seorang Kristen Arab awal dan paman istri Muhammad, Khadijah. Kita tahu dia bisa membaca bahasa Ibrani, bahwa ia mistis oleh alam, dan bahwa ia menghadiri pernikahan Khadijah dan Muhammad di sekitar 595 CE Lima belas tahun kemudian, Khadijah khawatir mencari Waraqa dan dibawa suaminya kepadanya.
Pada saat itu, Muhammad adalah seorang pria berkeluarga 40 tahun dihormati. Ia belajar ini "keluarga terapi" sesi dalam keadaan langka agitasi. Dia ketakutan. Dia telah bermeditasi suatu malam di sebuah gua di pinggiran kota. Di sana, sementara setengah tertidur, ia telah mengalami sesuatu yang sangat mengganggu bahwa ia takut ia dirasuki. Sebuah suara berbicara kepadanya.
Waraqa mendengarkan ceritanya, yang Muslim akan mengakui sebagai deskripsi tentang pertemuan pertama Muhammad dengan malaikat Gabriel.
"Apa yang telah kamu dengar adalah suara dari utusan rohani yang sama Allah mengutus kepada Musa. Aku berharap aku bisa menjadi orang muda ketika Anda menjadi seorang nabi! Saya ingin masih hidup ketika orang-orang Anda sendiri mengusir Anda. "
"Apakah mereka akan mengusir aku?" Muhammad bertanya.
"Ya," kata orang tua itu. "Tidak seorang pun yang pernah membawa umat-Nya berita Anda membawa tanpa permusuhan pertemuan. Jika aku hidup untuk melihat hari, saya akan mendukung Anda. "
Peristiwa penting kedua tentang Islam dan Kristen tanggal dari 616, beberapa tahun setelah Muhammad mulai berkhotbah publik. Ini usaha pertama untuk mengembalikan tradisi Ibrahim di Mekah bertemu (seperti Waraqa telah memperingatkan) dengan oposisi kekerasan.
Mungkin klaim khusus Mekah membenci Muhammad. Mungkin pesan nya tunggal, tak terlihat, Tuhan selalu hadir mengancam ekonomi kota mereka. naik selatan Sebulan dari pusat-pusat kekuasaan di Suriah dan Persia, Mekah remote miskin bergantung pada perdagangan jarak jauh dan pada peziarah musiman yang datang ke sana setiap tahun untuk menghormati ratusan berhala, membayar pajak untuk melakukannya.
Bagaimanapun, saran mengganggu Muhammad bahwa "Tuhan adalah Satu" dan dapat ditemukan di mana saja tidak sejalan dengan para pengusaha Mekah.
Muslim baru Banyak yang disiksa. mata pencaharian mereka terancam, keluarga mereka dianiaya. Seperti masalah semakin buruk, dalam 616 Muhammad mengirim sekelompok kecil pengikutnya menyeberangi Laut Merah untuk mencari perlindungan di kerajaan Kristen Axum. Di sana, ia mengatakan kepada mereka, mereka akan menemukan pemimpin yang adil, Negus, yang bisa melindungi mereka. Kaum muslimin menemukan Negus di istananya, di suatu tempat di perbatasan antara Ethiopia modern dan Eritrea.
Dan melindungi mereka ia lakukan, setelah satu Muslim dibacakan kepadanya beberapa baris pada Perawan Maria dari Al Qur'an. The Negus menangis pada apa yang didengarnya. Antara Kristen dan Muslim, katanya, dia tidak bisa melihat perbedaan lebih dari ketebalan ranting.
Kedua cerita menekankan dukungan orang-orang Kristen memberikan Muhammad pada masa sidang. Al-Qur'an disuling makna dari drama:
Mereka yang merasakan kasih sayang yang paling
Bagi kami (yang menaruh iman kita dalam Al Qur'an),
Apakah orang-orang yang mengatakan, "Kami adalah Kristen,"
Untuk imam dan biarawan hidup di antara mereka
Yang tidak sombong. Ketika mereka mendengarkan
Untuk Muhammad apa yang Kami telah menunjukkan,
Mata mereka meluap dengan air mata
Pada kebenaran yang mereka temukan di sana ....
Bahkan saat ini, ketika seorang Muslim menyebutkan nama Yesus ', Anda akan mendengar hal itu diikuti oleh frase "perdamaian dan keberkahan baginya," karena umat Islam masih menghormati dia sebagai nabi.
Kami percaya pada Allah
Dan dalam apa yang telah diturunkan kepada kami,
Apa yang telah diwahyukan kepada Abraham dan Ismail
Dan Ishak dan Yakub dan keturunan mereka,
Dan apa yang diberikan kepada Musa dan kepada Yesus
Dan semua nabi lain dari Tuhan.
Kami membuat tidak ada perbedaan antara mereka.
Saat tulisan ini dari Al Qur'an menjelaskan, umat Islam menganggap Yesus sebagai salah satu guru besar di dunia. Ia dan mentornya Yohanes Pembaptis berdiri dalam garis keturunan sebuah peregangan kembali ke pendiri monoteisme etis. Selain itu, di kalangan umat Islam, Yesus adalah tipe khusus dari nabi, utusan diberdayakan untuk berkomunikasi keilahian tidak hanya dalam kata-kata tetapi dengan mukjizat juga.
Muslim, harus dikatakan, bagian perusahaan dengan beberapa orang Kristen atas potret Yesus yang dikembangkan pada abad keempat dan kelima. fiksi tertentu, Muslim berpikir, ditambahkan kemudian. Tiga ini datang untuk khusus menyebutkan: Pertama, Muslim menganggap asketisme monastik inovasi terakhir-hari, bukan merupakan bagian asli dari cara Yesus '. Kedua, Perjanjian Baru menderita dari penghapusan dan hiasan ditambahkan setelah kematian Yesus dengan orang-orang yang tidak mengenalnya. Ketiga, gambaran Yesus sebagai Anak Allah dianggap oleh kaum Muslim saran kemudian, menghujat.
Muslim menghormati Yesus sebagai diilhami ilahi manusia tetapi tidak pernah sebagai "anak Tuhan." Dalam nada yang sama, kita memperlakukan konsep Trinitas sebagai catatan kaki terlambat untuk ajaran Yesus ', sebuah "misteri" tidak perlu diperkenalkan oleh Utara Afrika teolog Tertulianus dua abad setelah kematian Yesus. Juga Muslim tidak melihat kematian sebagai suatu tindakan pendamaian bagi dosa-dosa manusia. Melainkan, bersama dengan teolog Kristen awal Pelagius, Islam menolak doktrin dosa asal, gagasan yang didalilkan ke doktrin gereja oleh St Agustinus sekitar 400 tahun.
Hampir dapat dikatakan bahwa Islam memiliki pandangan Yesus mirip dengan beberapa versi awal apostolik dikutuk oleh Gereja Byzantium abad keempat. Setelah Konstantin diinstal Kristen sebagai agama negara Kekaisaran Romawi, mengamuk untuk ortodoksi diikuti. Konsili Nicea (325), Tirus (335), Konstantinopel (381), Efesus (431), dan Kalsedon (451) yang resmi, seringkali upaya brutal untuk membasmi pandangan heterodoks Yesus dipegang oleh "sesat" teolog.
Keputusan oleh dewan menyebabkan penganiayaan dan kematian puluhan ribu orang Kristen awal di tangan lebih "ortodoks" Kristen yang mengutuk mereka. Sebagian besar sengketa berpusat pada interpretasi yang berbeda dari Trinitas. Untuk alasan ini, sejarawan agama kadang-kadang lihat dalam salah satu divisi berdarah penyebab root untuk pandangan awal Islam tegas Unitarian.
Lalu dan sekarang, tidak ada kesalahan agama lebih berbahaya ada bagi seorang Muslim dari membagi Keesaan Allah dengan dua-dua atau tiga-tiga.
Meskipun perbedaan-perbedaan penting, namun, Alquran berulang kali menasehati umat Islam tidak dalam sengketa dengan monoteis lain atas masalah-masalah doktrin. Orang, ia mengatakan, kepercayaan yang berbeda untuk alasan yang baik. Bahkan, yang merupakan bagian dari kehendak Allah.
PERTANYAAN (7) DIMANA LETAK PERBEDAAN & PERSAMAAN  ANTARA
                                  ISLAM DAN KRISTEN PADA YESUS ?
                                                       


WILSON:

Seluruh  ajaran  Islam tentang keesaan Tuhan oleh penjelasan anda, telah menjadi jelas. Ajaran Islam tentang Yesus,  juga telah dibuat jelas. Apa yang saya inginkan agar anda lakukan sekarang yaitu menghitung hal-hal  yang  Islam  dan  Kristen setuju mengenai Yesus.

CHIRRI:

Islam menyetujui Kristen, pada umumnya, dalam hal-hal sbb.:

1. Islam menganjurkan untuk mempercayai kesucian Yesus.

Sebenarnya  hal  ini  menjadi  bagian yang pokok dari ajaran Islam untuk menghormati  dan  mempercayai  kesuciannya,  dan bahwa  dia  hidup  di  dunia  ini orang yang suci bebas dari dosa.

Dari Kitab Suci Al-Qur'an:

"Ketika malaikat berkata:  Hai  Maryam!  Sesungguhnya  Tuhan menyampaikan  berita  gembira kepadamu dengan perkataan dari Tuhan [kelahiran anak] namanya  Al-Masih  Isa  anak  Maryam, orang besar di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang dekat ke pada Tuhan." 3:45

2. Pandangan-pandangan Islam tentang  kesucian  Maryam,  Ibu dari   Yesus.   Tak   seorang  Islampun  yang  ragu  tentang kesusilaan dan kemurnian Maryam. Dia  menurut  Qur'an,  yang termulia di antara wanita-wanita yang lain di dunia: "Dan ketika Malaikat berkata: Hai Maryam! Sesungguhnya Tuhan memilihmu,   menyucikanmu   dan  melebihkan    kamu    dari perempuan-perempuan   dunia.  Hai  Maryam!  Patuhlah  kepada Tuhanmu dan sujudlah dan rukuklah bersama  orang-orang  yang rukuk!" 3 :42-43

3.  Islam menyatakan bahwa Yesus dilahirkan dengan keajaiban dari seorang ibu tanpa seorang ayah. Dari Kitab Suci Qur'an: "Dan ingatlah riwayat Maryam  di  dalam  Kitab,  ketika  dia berangkat  meninggalkan  keluarganya,  ke  suatu  tempat  di sebelah timur:
Dan dia bersembunyi dari mereka, lalu  Kami  utus  kepadanya Ruh  Kami,  dan  kelihatan  olehnya serupa seorang laki-laki yang sempurna. Dia berkata: Sesungguhnya aku berlindung  diri  dari  engkau kepada  Tuhan Yang Pemurah, jika engkau seorang yang menjaga diri dari kejahatan. Dia menjawab: aku hanyalah utusan dari  Tuhan  engkau,  akan memberikan kepada engkau seorang anak laki-laki yang suci. Dia  berkata:  bagaimana  aku  akan  memperoleh seorang anaklaki-laki,  sedangkan  aku  belum  pernah  disinggung   oleh manusia, dan aku bukanlah seorang perempuan jahat. Dia menjawab: Begitulah (kejadiannya). Tuhan  engkau telah berkata: Hal itu buat Aku adalah perkara mudah, dan peristiwa itu hendak Kami jadikan keterangan bagi manusia  dan  rahmat  dari  Kami dan jadi suatu perkara yang telah diputuskan. Kemudian dia mengandung dan menyingkir ke tempat yang  jauh. Ketika  sakit mau beranak, maka dia datang bernaung ke pohon korma Dia berseru mengatakan: Aduhai nasibku! Baiklah aku meninggal dunia saja sebelum ini dan aku akan dilupakan orang.

Lalu  (satu  suara)  menyeru  kepadanya  dari sebelah bawah: Janganlah   berduka   cita,   sesungguhnya   Tuhan    engkau mengalirkan di bawah engkau sebuah sungai. Dan   goyangkanlah   pohon   korma  itu,  niscaya  dia  akan menjatuhkan buah korma yang baru masak.

Dan makanlah, minumlah dan senangkanlah  hatimu!  Dan  kalau ada    seseorang   manusia   melihat   engkau,   katakanlah: Sesungguhnya aku telah berjanji dengan  Tuhan  Yang  Pemurah untuk  berpuasa,  sebab  itu  pada  hari  ini aku tiada akan bercakap-cakap dengan siapapun." 19:16-26

4. Qur'an menyebutkan keajaiban-keajaiban  Yesus  yang  juga disebutkan  di dalam Injil. Sesuai dengan Kitab Suci Qur'an, Yesus  diberi  kuasa  oleh  Tuhan   menyembuhkan   penyakit, menghidupkan  yang mati, dan membuat yang buta dapat melihat jalannya:

"Dan dia menjadi Rasul untuk anak-anak Israil, (katanya):

Sesungguhnya    aku    datang    kepada     kamu     membawa keterangan-keterangan  dari  Tuhanmu,  bahwa  aku  buat dari tanah serupa burung,  kemudsn  kuhembus  ke  dalamnya,  lalu menjadi burung dengan izin Tuhan, dan kesembuhkan orang buta dan orang yang berpenyakit lepra, dan kuhidupkan orang-orang mati  dengan  izin  Tuhan,  dan kukabarkan kepadamu apa yang kamu makan, apa yang kamu simpan dalam rumahmu, sesungguhnya hal   itu   menjadi  keterangan  bagimu  kalau  kamu  memang
orang-orang beriman." 3:49

Dan juga Kitab Suci Qur'an menganggap keajaiban  Yesus  yang tidak tercantum di Injil: Yesus telah berbicara dengan jelas ketika dia di dalam buaian.

"Dan  dia   datang   membawanya   kepada   kaumnya.   Mereka mengatakan:  Hai  Maryam!  Sesungguhnya engkau telah membuat suatu perkara yang aneh.

Hai saudara Harun! Bapakmu bukanlah seorang  laki-laki  yang buruk,  dan  ibumu  bukanlah  seorang  perempuan yang jahat. Tetapi dia mengisyaratkan kepadanya, mereka berkata:

Bagaimana   kami   akan   bercakap-cakap   dengan    seorang kanak-kanak yang dalam buaian?

Dia   (Isa)  berkata:  Sesungguhnya  aku  ini  hamba  Allah, diberiNya Kitab kepadaku, dan aku dijadikanNya seorang Nabi.
DijadikanNya aku pembawa berkat di mana saja aku berada, dan diperintahkanNya   kepadaku   mengerjakan   sembahyang   dan membayar zakat, selama aku hidup.

Dan  berbakti  kepada  ibuku,  dan tiadalah aku dijadikannya seorang yang sombong dan celaka.

Dan kebahagiaan untuk aku, di hari aku  dilahirkan,  dan  di hari  aku wafat, dan di hari aku dibangunkan hidup kembali." 19:27-33.
                                         (

WILSON:
 
Hal-hal yang bersesuaian telah menjadi  jelas  setelah  anda jelaskan.  Saya  tahu bahwa pengikut-pengikut berbagai macam Agama  mempunyai  pandangan  yang  berbeda-beda  pada  Yesus Christus;  beberapa  di  antara  mereka  dapat dianggap anti Yesus sebab mereka menolak kesuciannya dan kesucian  ibunya, tidak  mempercayai  keajaibannya  dan  menolak kebenarannya, beberapa di antara mereka adalah  netral,  dan  beberapa  di
antara  mereka adalah pro Yesus, mempercayai kesuciannya dan menerima semua    ajaran-ajarannya dan mempercayai keajaiban-keajaibannya.
 
Sesuai  dengan  penjelasan anda, orang-orang Islam harus pro Yesus seperti orang-orang Kristen sendiri.
 
Yang perlu anda jelaskan  sekarang  yaitu  hal-hal  di  mana Islam & Kristen berbeda dalam pandangannya terhadap Yesus.
 
CHIRRI:
 
Perbedaan  faham  antara  Islam  dan  Kristen tentang Yesus, mencakup hal-hal sebagai berikut:
 
1. Meskipun  Islam  berpendapat  bahwa  Yesus  adalah  suci, tetapi Islam menolak ketuhanannya.
 
Sesuai  dengan  ajaran  Islam,  Yesus bukan Tuhan. Dia bukan Tuhan, dan juga tidak disatukan dengan Tuhan.
 
Dia adalah orang yang patut dihormati,  tetapi  tidak  untuk disembah   (dipuja).  Islam  tidak  dapat  kompromi  masalah keesaan Tuhan. Tuhan hanya satu, dan tidak ada Tuhan kecuali Dia,  Yang  Maha Kuasa selalu hidup, dan memiliki kehidupan, ilmu pengetahuan dan kekuatan yang tidak terbatas.
 
Yesus tidak selalu hidup. Dia dilahirkan  kurang  dari  2000 tahun  yang  lalu,  dan  sesuai  dengan Injil, dia meninggal dalam umur yang pendek. Dia tidak yang maha kuasa sebab  dia dikejar-kejar.  Juga dia tidak tak terbatas. Dia tidak dapat menciptakan alam semesta sebab alam semesta telah lebih dari empat  bilion  tahun,  sedangkan  dia dilahirkan kurang dari 2000 tahun yang lalu.
 
Dia tidak patut disembah  sebab  dirinya  sendiri  penyembah Tuhan.
 
2. Yesus, sesuai dengan ajaran Islam, bukan anak Tuhan.
 
Tuhan  tidak  mempunyai  anak,  sebab Dia di atas itu. Sifat keayahan  baik  dari  segi  tubuh  maupun  dari  segi   jiwa (spiritual)  tidak dapat diterima, sebab Dia pencipta setiap jiwa (spiritual) dan zat. Kitab Suci Qur'an adalah jelas  di dalam masalah ini:
 
"  ...  Dan  mereka  mengada-adakan  bahwa  Tuhan  mempunyai anak-anak  laki-laki  anak-anak  perempuan,   dengan   tidak berdasarkan  pengetahuan.  Maha  Suci  Tuhan dan Maha Tinggi dari sifat-sifat yang mereka buatkan itu.
 
Dia  Pencipta  langit  dan  bumi  Bagaimana   Tuhan   sampai mempunyai  anak, sedangkan Dia tidak mempunyai istri dan Dia menciptakan   segala    sesuatu,    dan    Dia    mengetahui segala-galanya.
 
Itulah  Allah,  Tuhan  kamu,  tidak  ada  Tuhan  selain dari padaNya,  sebab  itu  sembahlah  Dia,   dan   Dia   Pengurus segala-galanya." 6:100-102
 
3.  Islam  menolak  penyaliban  Yesus.  Yesus  tidak (bukan) meninggal disalib. Kitab Suci Qur'an jelas dalam hal ini.
 
"Dan perkataan  mereka:  sesungguhnya  kami  telah  membunuh Al-Masih Isa anak Maryam utusan Allah. Dan sebenarnya mereka tidak membunuh Isa dan tidak  menyalibnya,  tetapi  hanyalah penglihatan mereka saja.
 
Bahwa   orang-orang   yang  berselisih  faham  tentang  itu, sebenarnya masih dalam  ragu-ragu,  mereka  tidak  mempunyai pengetahuan yang pasti tentang perkara itu, hanyalah menurut persangkaan.
 
Mereka tidak pula yakin telah  membunuh  Isa.  Tetapi  Tuhan telah  mengangkat Isa kepadaNya dan Tuhan itu Maha Kuasa dan Bijaksana." 4:157-158.
 
 
                        


DAFTAR PUSTAKA



Penerbit P.T. Alma'arif, Bandung, Cetakan Kelima, 1981

http://muslimvillage.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman Edyzz